cool hit counter

PCIM Turki - Persyarikatan Muhammadiyah

 PCIM Turki
.: Home > Artikel

Homepage

Perspektif 2 | Pendidikan yang Mendamaikan

.: Home > Artikel > Pimpinan Pusat
05 April 2019 19:35 WIB
Dibaca: 112
Penulis : Dinil Abrar Sulthani, M.Pd.I (Mahasiswa S3 - Marmara University)

Pendidikan dapat dimaknai sebagai sebuah upaya yang ditempuh untuk memperoleh pengetahuan ilmiah dan wacana perubahan ke arah yang bermutu. Kata upaya dapat diartikan sebuah proses yang membutuhkan keseriusan, keteguhan dan ketekunan dalam menggapai makna pendidikan itu sendiri. Mereka yang mengenyam pendidikan akan lebih mudah menjalani kehidupan dunia. Bukan berarti mereka yang tidak mengenyam pendidikan tidak bisa berkualitas. Hanya saja, upaya meningkatkan kualitas kehidupan diperlukan usaha yang keras untuk itu. Salah satunya adalah melalui pendidikan.

 

Pada dewasa sekarang ini, secara khusus di Indonesia pendidikan sudah mendapatkan perhatian yang cukup signifikan. Perihal itu ditandai dengan adanya alokasi anggaran Negara untuk bidang pendidikan. Polemik muncul kemudian, dengan berbagai pertanyaan : sudahkah anggaran tersebut terserap dengan baik! Sudahkah seluruh rakyat Indonesia merasakan kontribusi dari kebijakan anggaran tersebut? Pertanyaan ini selalu menguat kepermukaan jika disandingkan dengan kondisi dan situasi lembaga pendidikan yang terjadi pada kenyataannya. Lebih jauh dari itu, apakah semua menyadari pentingnya mensukseskan pendidikan di Indonesia?

 

Jika kesedaran itu terjadi di semua lini dan lapisan masyarakat Indonesia. Maka tidak akan kita lihat anak yang putus sekolah, anak yang tidak bisa membaca dan berhitung, anak yang tidak memiliki alat tulis dan seragam sekolah, tidak kita dengar guru dan kepala sekolah yang terjerat kasus kekerasan di sekolah, dan tidak kita dengar pejabat publik ditangkap KPK akibat penyalahgunaan anggaran pendidikan. Semua itu tidak akan ada, karena semua menyadari bahwa pendidikan memajukan suatu bangsa dan memberikan kedamaian yang hakiki. Kedamaian yang berdasarkan keimanan dan keilmiahan.

 

Kedamaian itu bisa di raih salah satunya dengan pendidikan. Tidak ada saling iri dan membenci tentang keberhasilan seseorang. Karena masyarakat sudah sadar bahwa itu memang usaha manusia dan kehendak Allah. Kedamian itu adalah wujud dari terbentuknya masyarakat ilmiah. Masyarakat ilmiah yang saling mendukung, menolong dan mengedukasi untuk kemajuan bersama. Sebab pendidikan bukan hanya tugas guru di sekolah, bukan hanya tugas orang tua di rumah, dan bukan hanya tugas pemerintah yang menggelontorkan anggaran dan kebijakan, tetapi juga tugas masyarakat yang peduli pendidikan itu berjalan maksimal. 


Tags: pendidikan , kedamaian
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori : Perspektif

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website